Rabu, 10 Oktober 2018

CBIS

Gambar terkait

 Menurut Laudon dan Laudon (2008), computer based information system (CBIS) adalah sistem informasi untuk pemrosesan dan penyebaran informasi yang mengandalkan peranti keras dan lunak komputer. Menurut Rukun dan Hayadi (2018) CBIS merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah infromasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.


Empat Evolusi CBIS:

1. Electronic Data Processing (EDP) adalah dapat merujuk pada penggunaan metode otomatis untuk memproses data komersial. Biasanya, ini menggunakan kegiatan berulang yang relatif sederhana untuk memproses volume besar informasi serupa.

2. Menurut Gaol (2008), Sistem Informasi Manajemen (SIM) bertanggung jawab dalam menyediakan informasi untuk seluruh manajer perusahaan dalam bentuk laporan berkala, laporan khusus, dan keluaran bentuk matematika. Para manajer di semua wilayah fungsi dapat menerima keluaran ini, yang sebagian besar dihasilkan dari gabungan data SIA yang ada. 

3.  Menurut Jr dan Schell (2008) otomatisasi kantor adalah penerapan otomatisasi seperti teknologi komputer, pada pekerjaan kantor. Otomatisasi kantor dapat dilacak kembali hingga awal tahun 1960-an, ketika IBM memperkenalkan istilah pengolahan kata untuk menyatakan suatu konsep yang menyatakan bahwa kebanyakan aktivitas kantor dipusatkan pada pengolahan kata-kata. 

4. Menurut Gaol (2008) expert system adalah perusahaan dapat menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligent) untuk meraih suatu pengetahuan dan menjadi ahli dalam pengetahuan tersebut serta untuk lebih mencakapkan para pegawai pada bentuk sistem informasi. Fungsi sistem ahli dinamakan sebagai konsultan, dan kegiatannya dinamakan konsultasi. 


Sumber:

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Rukun, K., & Hayadi, B. H. (2018). Sistem infromasi berbasis expert system. Yogyakarta: Deepublish Publisher.


Jr, R. M., & Schell, G. P. (2008). Sistem informasi manajemen edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.


Gaol, J. L. (2008). Sistem informasi manajemen pemahaman dan aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Oktober 10, 2018   Posted by Isnaini Asri with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search