Senin, 08 Oktober 2018


Pengertian / Definisi Sistem Informasi Psikologi 

Hasil gambar untuk sistem informasi psikologi

1.   Menurut Sarosa (2009), Sistem adalah sekumpulan komponen yang salaing berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Kata kuncinya adalah sekumpulan komponen atau subsistem, sehingga sistem terdiri dari beberapa subsistem dan demikian juga sebaliknya. Komponen atau subsistem penyusun suatu sistem berinteraksi dan bekerja sama satu dengan yang lain. Suatu sistem juga memiliki tujuan yang menjadi dasar kerja sistem tersebut.
2.   Menurut Maryono (2007), Infromasi adalah berita yang mengandung maksud tertentu. Manusia memiliki pengetahuan dan pengalaman yang selalu ingin dibagikan kepada orang lain. Pengalaman atau pengetahuan yang dikomunikasikan kepada orang lain tersebut merupakan pesan atau informasi. Jadi, pesan atau informasi menuntut adanya kehadiran pihak lain.
3.   Menurut Marbun (2018), Psikologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Menurut Wijono (2010), Psikologi sebagai studi ilmiah mengenai proses perilaku dan proses mental. Menurut Wade dan Tavris (2008), Psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang berfokus pad perilaku dan sebagai proses mental serta cara perilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme dan lingkungan eksternal.
4.  Menurut Laudon dan Laudon (2007), sistem informasi psikologi adalah sistem informasi dengan ketertarikan terhadap bagaimana pengambil keputusan manusia mengenal dan menggunakan informasi formal.




Sumber:

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2007). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Marbun, S. M. (2018). Psikologi pendidikan. Jakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.

Maryono, Y., & Istiana, B. P. (2007). Teknologi informasi dan komunikasi 1.  Jakarta: Yudhistira.

Sarosa, S. (2009). Sistem informasi akuntasi. Jakarta: PT Gramedia Widiarasana

Wade, C., & Tavris, C. (2008). Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Wijono, S. (2010). Psikologi industri dan organisasi: Dalam suatu bidang gerak psikologi sumber daya manusia. Jakarta: Kencana.

Oktober 08, 2018   Posted by Isnaini Asri with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search