Senin, 05 November 2018



SEJARAH AI DAN EXPERT SYSTEM 



 Sejarah AI 


     Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.
    Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan fondasi untuk jaringan saraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman LispAlan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
      Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan saraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer PrologTed Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan saraf digunakan secara meluas dengan algoritme perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Pada tahun 1982, para ahli fisika seperti Hopfield menggunakan teknik-teknik statistika untuk menganalisis sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada jaringan saraf. Para ahli psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton, melanjutkan penelitian mengenai model jaringan saraf pada memori. Pada tahun 1985-an sedikitnya empat kelompok riset menemukan kembali algoritme pembelajaran propagansi balik (Back-Propagation learning). Algoritme ini berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan psikologi. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
         Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.

  Sejarah Expert System 



ES mulai dikembangkan pada pertengahan tahun 1960 oleh Artificial Intellegence Corporation. Periode penelitian artificial intelligence ini didominasi oleh suatu keyakinan bahwa nalar yang digabung dengan komputer canggih akan menghasilkan prestasi pakar atau bahkan manusia super. Suatu usaha ke arah ini adalah General Purpose Problem Solver (GPS). GPS berupa sebuah prosedur yang dikembangkan oleh Allen Newell, John Cliff Shaw, dan Herbert Alexander Simon dari Logic Theorist merupakan sebuah percobaan untuk menciptakan mesin yang cerdas. GPS sendiri merupakan sebuah predecessor menuju Expert System (ES).
Pada pertengahan tahun 1960, terjadi pergantian dari program serba bisa ke program yang spesialis dengan dikembangkannya DENDRAL oleh E. Feigenbaum dari Universitas Stanford dan kemudian diikuti oleh MYCIN. Pembuatan DENDRAL mengarah pada konklusi-konklusi berikut: GPS terlalu lemah untu digunakan sebagai dasar untuk membangun ES yang berunjuk kerja tinggi. Pemecahan masalah manusia adalah baik hanya jika beroperasi dalam domain yang sangat sempit. ES harus di update secara berkala untuk informasi baru. Update semacam ini dapat efisien apabila menggunakan representasi pengetahuan berbasis rule.
Pada pertengahan tahun 1970, beberapa ES mulai muncul. Sebuah pengetahuan kunci yang dipelajari saat itu adalah kekuatan dari ES berasal dari pengetahuan spesifik yang dimilikinya, bukan dari formalism-formalisme khusus dari pola penarikan kesimpulan yang digunakannya. Awal 1980, teknologi ES yang mula-mula dibatasi oleh suasana akademis mulai muncul sebagai aplikasi komersil khususnya XCON, XSEL (dikembangkan dari R-1 pada Digital Equipment Corp.) dan CATS-1 (dikembangkan oleh General Electric). Sistem pakar untuk melakukan diagnosis pertama dibuat pada tahun 1970 oleh Bruce Buchanan dan Edward Shortliffle di Stanford University. Sistem ini diberi nama MYCIN.

Hubungan AI dan Kognisi Manusia 



Menurut Morissan (2013), Konsep diri memiliki peran penting dalam sistem karena menjadi motivasi utama yang didukung oleh seluruh elemen lainnya yang terdapat pada sistem kognitif manusia. Sistem kognitif manusia terdiri dari dua sub sistem: sistem verbal dan sistem gambar (visual). Jadi dengan gambar  dalam teks dapat meningkatkan memori oleh karena adanya dual coding dalam memori (Susila dan Riyana, 2009). Kecerdasan buatan (Artificial Intellegence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas. Kognisi manusi dengan kecerdasaan buatan berhubungan karena kecerdasaan buatan di buat untuk menyamakan dengan cara berpikir kognisi manusia.

Expert System 

a. ELIZA

ELIZA : pada tahun 1966, Joseph Weizenbaum dari MIT memperkenalkan Eliza, suatu komputer yang bisa menanggapi manusia dengan menggunakan bahasa sehari-hari. Weizenbaum berharap Eliza dapat menembus dinding pembatasan antara komputer dan manusia. Sayangnya, Weizenbaum justru mendapati bahwa manusianya sendiri terlalu bersemangat untuk menembus dinding itu. Eliza diprogram untuk memberi tanggapan seperti seorang ahli psikoterapi, di mana pernyataan seperti “Saya punya masalah dengan ayah saya” memicu Eliza menanggapi dengan “Ceritakan lagi lebih banyak tentang beliau.” Weizenbaum menemukan bahwa orang cepat membuka hati mereka kepada masin tersebut. Ia amat prihatin dengan fakta bahwa walau Eliza jelas-jelas tak “berpikir”, kebanyakan manusia cenderung memperkenalkanya lulus Tes Turing. 

b. PARRY

Parry dibuat pada tahun 1972 oleh psikiatris Kenneth Colby ketika di Universitas Stanford. Parry bertujuan untuk merefleksikan pikiran pasien dengan mental paranoid yang serius.

c. Net. Talk 

Pada tahun 1986 Terrence Sejnowski dan Charles Rosenberg mendeskripsikan simulasi jaringan backpropagation sederhana yang membaca dan benar-benar mengucapkan teks bahasa inggris tanpa batas dengan akurasi yang baik. Mereka menamai sistem mereka Net. Talk. Program komputer besar ada yang menyelesaikan tugas yang sama, tetapi program-program ini, yang membutuhkan waktu ratusan jam untuk menulis, dengan susah payah menyandikan setiap aturan pelafalan bahasa inggris dan menyediakan tabel pencarian untuk mencakup banyak pengecualian dalam bahasa. Program simulasi Net. Talk hanya membutuhkan waktu singkat untuk menulis dan tidak mengandung aturan atau tabel pengungkapan eksplisit.

sumber :


Kusrini. (2006). Sistem pakar, teori, dan aplikasi. Yogyakarta: ANDI.
Morissan. (2013). Teori komunikasi: Individu hingga massa. Jakarta: Kencana.
Susila, R., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Matthews, R. (2005). 25 gagasan besar sains mengubah dunia kita. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Caudill, M., & Butler, C. (2000). Naturally intelligence system. London: The Mitt Press.

November 05, 2018   Posted by Isnaini Asri with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search