Senin, 05 November 2018

Sejarah Database 


Pada tahun sebelum sampai 1968, pendahuluan pemrosesan database. Data disimpan dalam daftar. Karakteristik pemrosesan ditentukan oleh penggunaan umum media pita magnetic. Tahun 1968-1980 era pemrosesan data base non-relasional. Model data hierarkis yang terkemuka adalah DL/I, yaitu versi pertama DBMS IBM yang disebut IMS. Model data network yang termuka adalah model CODASYL DBTG; IDMS adalah DBMS network yang paling popular. Tahun 1960 hingga kini, model data relasional, yang dipublikasikan pertama kali pada tahun 1970; mulai diaplikasikan secara komersial pada tahun 1980. IBM menyebutkan dengan DB2; vendor lainnya mengikuti dengan memodifikasi produk DBMS-nya atau dengan menciptakan produk baru. Oracle mencapai puncaknya. SQL menjadi bahasa relasional standar. Tahun 1982 Ashton- Tate mengembangkan produk dBase; Microrim menciptakan R:Base; Borland membuat Paradox. Tahun 1985 dengan ditemukannya pemrograman berorientasi objek, diusulkan OODBMS. Produk ini hanya meraih kesuksesan yang kecil secara komersial, terutama karena keunggulannya tidak menjustifikasi biaya mengkonversi miliaran byte data organisasi ke format baru. Saat ini masih dalam tahap pengembangan. Tahun 1991 DBMS personal menciptakan sebagai unsur Windows. Secara bertahap menggantikan semua produk DBMS personal lainnya. Tahun 1995 database menjadi komponen kunci dari aplikasi internet. Popularitas internet menigkatkan kebutuhan dan permintaan akan keahlian database. Tahun 1997 penggunaan XML memecahkan masalah pemahaman database jangka panjang. Vendor utama mulai mengintegrasikan XML ke dalam produk DBMS. (Kroenke, 2005)

Konsep Database 

                        


Konsep database menurut Kritanto (1997):

a.     Definisi
1)    Entity adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam.
2)    Attribute adalah setiap entity mempunyai attribute atau sebutan untuk mewakili suatu entity.
3)    Data value (nilai atau isi data) adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada tiap data elemen atau attribute.
4) Record/ Tuple adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang.
5)  File adalah kumpulan record-record yang mempunyai panjang elemen yang sama, attribute yang sama, namun berbeda-beda data valuenya.
6)  Database adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file yang lain sehingga membentuk satu bangunandata untuk menginformasikan satu perusahaan, instansi dalam batasan tertentu.
7) Database Management System (DMS) adalah kumpulan file yang saling berkaitan bersama denga program untuk pengelolanya disebut DBMS. Database adalah kumpulan datanya, sedang program pengelolanya berdiri sendiri dalam satu paket program yang komersial untuk membaca data, mengisi data, menghapus data, melaporkan data dalam database. 

Struktur Database 

Struktur database adalah susunan tabel-tabel yang dibuat untuk sebuah aplikasi database. Pengelolaan struktur database mencakup berpartisipasi dalam desain dan implementasi awal database serta mengedalikan dan mengelola perubahan-perubahan yang diperlukan. Idealnya, DBA dilibatkan sejak awal dalam pengembangan database dan aplikasi-aplikasinya; berpartisipasi dalam studi tentang kebutuhan membantu mengevaluasi alternatif-alternatif, termasuk DBMS yang akan digunakan dan membantu mendesain struktur database. Untuk aplikasi-aplikasi organisasi yang besar, DBA biasanya bertindak sebagai manajer yang mengawasi pekerjaan personel desain database yang berorientasi teknis. Pengendalian konfigurasi, setelah database dan aplikasi-aplikasinya diimplementasikan, perubahan-perubahan kebutuhan tidak dapat dihindarkan lagi. Jika perubahan kebutuhan mengharuskan perubahan struktur database, maka kita harus sangat berhati-hati karen perubahan struktur database jarang melibatkan hanya satu aplikasi. Berkaitan dengan ukuran dan kerumitan database serta aplikasi-aplikasinya, maka kadang-kadang perubahan memberikan hasil yang tidak diharapkan. Jadi, DBA harus siap memperbaiki database dan mengumpulkan infromasi yang cukup untuk mendiagnosis serta memperbaiki masalah yang menyebabkan kerusakan. Dokumentasi; tanggung jawab akhir yang diemban DBA dalam mengelola struktur database adalah membuat dokumentasi. Jadi, sangatlah penting untuk mengetahui perubahan-perubahan apa yang telah dibuat, bagaiman perubahan tersebut dibuat, dan kapan dibuatnya. (Kroenke, 2005)

Keunggulan dan Kelemahan Manajemen Sistem 


Keuntungan : mempunyai beberapa komputer remote yang mengetahui kemana mencari data. Beberapa komputer tersebut mengetahui bahwa tidak ada komputer lain dalam jaringan yang menyimpan data, sehingga loakis data mudah diketahui. Tetapi pada database terbagi atau partisi, kebutuhan untuk mengetahui lokasi data harus dengan penambahan bahan pada perangkat lunak.
Kelemahan : kesempatan untuk akses makin sukar bila banyak pemakai yang akses ke database. Pada data yang dipartisikan kesukaran tersebut jarang terjadi, karena kebayakan kebutuhan akan data dapat disediakan secara lokal. Data yang kurang teliti. Kesalahan pada fungsi alat atau pada jaringan komunikasi dapat membawa keseluruhan sistem terganggu. Pada sistem partisi, situasi seperti itu hanya akan mengganggu sebagai sistem.  (Amsyah, 2005).

Peranan Database dalam Memecahkan 
Masalah dalam Kajian Psikologi



Database adalah sebuah software khusus yang didesain dan digunakan oleh user atau pihak lainnya seperti layanan pemograman dan konsultan. Seperti halnya dalam psikologi, seorang psikolog yang bertujuan untuk membantu klien yang sedang dalam masalah yang harus mendapatkan bantuan. Maka database juga berpengaruh untuk membantu menyelesaikan masalah yang digunakan oleh seseorang. 

sumber :
Amsyah, Z. (2005). Manajemen sistem informasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Kroenke, D. M. (2005). Database processing dasar-dasar, desain & implementasi. Jakarta: Erlangga.

Kritanto, H. (1997). Konsep dan perancangan database. Yogyakarta: ANDI. 
Octaviani. (2010). Sql server 2008 express. Yogyakarta: ANDI.

November 05, 2018   Posted by Isnaini Asri with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search