Rabu, 21 Desember 2016

Fenomena-fenomena yang Berkaitan dengan Psikologi dan Internet

A. Plagiat dalam Internet
      Plagiat dalam internet. Banyaknya aktivitas plagiat yang boleh dilakukan menerusi Internet. Antara aktivitas plagiat ini kebiasaannya melibatkan teks, perisian komputer, animasi – tidak kira dalam bentuk video, audio, grafik, dan sebagainya. Terdapat juga aktivitas plagiat di mana teks daripada artikel, buku, blog, wikipedia, dan jurnal ditiru. Beribu-ribu hasil pencarian seperti artikel, data, dan gambar boleh didapati dengan hanya menggunakan kata kunci dan melakukan satu carian yang mudah. Hasil carian didapat dalam beberapa waktu saja. Hasil carian kemudian boleh di salin dan tempel (copy-paste), di muat turun ke dalam komputer sendiri malahan ada  yang sanggup bertindak lebih jauh lagi, dengan membayar bagi mendapatkan salinan karya tersebut.
Contoh : Nani mengambil tulisan karya orang lain dari internet dan nani tidak meminta izin kepada orang yang karyanya diambil oleh nani bisa dibilang nani adalah plagiat karena mengambil karya orang lain tanpa izin atau memberitahu.

B.  Pornografi dalam Internet
      Pornografi online dapat diakses dengan mudah, terjangkau dan tidak perlu data pribadi untuk menggunakannya alias anonim. Penelitian menemukan pornografi bisa berdampak pada perkembangan kesehatan mental dan fisik terutama di kalangan anak muda.
Generasi muda zaman sekarang bukanlah yang pertama tertarik dengan pornografi. Pornografi sudah ada sejak zaman Yunani dan Romawi kuno dengan gambar-gambar kelamin pria. Di India, banyak kuil kuno dihiasi dengan patung-patung seksual, dan Jepang pada peradaban abad ke-16 melihat representasi seksual sebagai sesuatu yang normal.
Tapi beberapa penelitian menemukan bahwa kehadiran internet membuat akses pornografi lebih mudah dari sebelumnya dan ada kekhawatiran bahwa ini berdampak terhadap kesehatan emosional dan fisik, terutama bagi anak muda yang sering menontonnya.
Contoh : anak muda laki-laki yang sering menonton pornografi melalui internet akan melakukan hal-hal yang seharusnya tidak boleh seperti pemerkosaan yang sekarang sering kali terjadi dan banyak dilakukan oleh anak-anak dibawah umur.

C.  Online Game
      Puluhan anak-anak, sebagian masih mengenakan seragam sekolah sedang bermain game online. Setiap orang suka bermain, khususnya bermain permainan yang ada pada komputer. Game online saat ini sedang digemari oleh semua orang. Anak remaja dari usia sekolah hingga yang sudah lulus sekolah menjadi salah satu pelaku permainan jaringan ini. Bolos sekolah, memakai uang bayaran sekolah, dan tidak pulang ke rumah menjadi aktifitas yang biasa terjadi saat remaja tergila-gila akan game online. Uang bayaran sekolah terbuang dan terkorupsi oleh anak-anak remaja demi memuaskan hasrat bermain game. Kini game online yang bervariasi menambah minat orang-orang untuk terus bermain dan menjadi pemain-pemain baru. Hal lain yang menyedihkan adalah saat diketahui banyak remaja meminta uang untuk keperluan sekolah namun ternyata dipakai untuk bermain game online. Beberapa jenis permainan yang sering dimainkan seperti Point Blank, Lost Saga, Seal Online, Dota, Ragnarok dan Getamped. Permainan jaringan seperti ini memang bukan hal baru, namun memiliki dampak yang besar bagi remaja.
Remaja yang sering bermain permainan dalam dunia maya ini sering mengalami berbagai masalah. Salah satu masalahnya adalah menurunnya nilai prestasi akademik akibat kurang belajar dan menghabiskan waktu seharian untuk bermain. Remaja ini sering menginap di tempat permainan untuk bermain seharian bersama kerabat-kerabatnya. Permainan game online ini seakan telah menghipnotis remaja diIndonesia. Uang dan waktu yang terbuang untuk bermain game seakan tidak disesali oleh kaum remaja pecinta game online. Seiring perkembangan zaman, permainan seperti ini memang terus mengalami pertumbuhan yang pesat.

Contoh : anank-anak yang sudah ketagihan dengan game online akan melakukan apa saja agar mendapatkan uang untuk bisa bermain game online biasanya mereka akan berbohong kepada orang tua dengan meminta uang untuk keperluan sekolah dan uangnya akan dipakai untuk bermain game online. 

sumber : 

nama : Isnaini asri
npm : 13515488
kelas : 2PA11
Desember 21, 2016   Posted by Isnaini Asri with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search